Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak

Pengertian Motorik Kasar

Menurut Hurlock, motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Dorong anak berlari, melompat, berdiri di atas satu kaki, memanjat, bermain bola, mengendarai sepeda roda tiga. Perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Keterampilan motorik kasar merupakan keterampilan yang meliputi aktivitas otot besar, seperti menggerakkan lengan dan berjalan (Rudiyanto, 2016:10). Motorik kasar meliputi kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan (Maria, Junaedah, 2019:8).

Perkembangan Motorik Kasar

Perkembangan motorik ialah perkembangan tubuh yang melahirkan suatu gerakan. Gerakan yaitu suatu kegiatan yang dihasikan oleh tubuh dengan koordinasi antara saraf dan otot (khadijah dan Amelia, 2020:13). Perkembangan gerak motorik kasar berkaitan dengan aktifitas-aktifitas gerakan tubuh yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak dan urat saraf tulang belakang. Ketrampilan motorik dapat dikelompokkan menurut ukuran otot-otot dan bagianbagian badan yang terkait ketrampilan motorik kasar. Ketrampilan motorik kasar ini meliputi keterampilan otot-otot besar, lengan, kaki, batang tubuh, seperti berjalan dan melompat, dan untuk keterampilan motorik halus meliputi otot-otot kecil yang ada diseluruh tubuh, seperti menyentuh dan memegang (Hasanah, 2016:721).

Kegiatan perkembangan motorik anak umur 3 sampai 4 tahun

Motorik halus

Belajar mengguting kertas

Membasuh tangan dengan air dan melap tangan menggunakan kain atau tisu

Mengaduk dengan sendok

Menuang air kedalam gelas

Memegang sendok dengan menggenggamnya

Membawa benda dengan menjepitnya

Jika melihat sebuah lukisan atau gambar anak akan menggambar

Berusaha Membuka kancing baju

Menggambar lingkaran

Motorik kasar

Mengambil bola dengan tangan diluruskan

Berdiri menggunakan satu kaki

Belajar Mengendarai sepeda roda tiga

Melompat-lompat di tempat

Membawa benda kecil di atas baki jangan sampai jatuh.

Menggunakan bahu dan siku saat bermain lempar bola

Berjalan dengan kaki satu, tanpa mengganti kaki

Melompat dengan satu kakinya

Berjinjit dengan tumit kaki

Kegiatan untuk perkembangan motorik anak umur 5 sampai 6 tahun

Motorik halus

Mengikat tali sepatu sendiri tanpa bantuan orang dewasa

Mengisikan surat ke dalam amplop

Mengoles selai diatas roti

Menggambar dengan bentuk sendiri

Mencuci muka dan berwudhu dengan perlahan tanpa membasahi baju

Motorik Kasar

Berlari sambil menendang sebuah bola

Melompat dengan kaki yang saling bergantian

menggunakan satu tangan untuk meluncurkan bola ke atas dan tangan lainnya untuk meraihnya

Menyeimbangi cara jalannya

Mendayung atau mendayung sepeda dengan roda dua

Daftar Pustaka:

Gunawan (2008) ‘Konsep Dasar Artikulasi & Optimalisasi Fungsi Pendengaran’, Jurnal Pendidikan Luar Biasa, pp. 17–23. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196211211984031-DUDI_GUNAWAN/BUKU_ARTIKULASI.PDF.

Isep Djuanda , Nur Dwi Agustiani (2022) ‘PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI KREASI PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN’ Volume. 6, No. 1 Mei 2022.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL KLASIFIKASI KELAINAN SUARA

MENGENAL AFASIA DAN PENYEBABNYA