Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak
Pengertian Motorik Kasar
Menurut Hurlock, motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Dorong anak berlari, melompat, berdiri di atas satu kaki, memanjat, bermain bola, mengendarai sepeda roda tiga. Perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Keterampilan motorik kasar merupakan keterampilan yang meliputi aktivitas otot besar, seperti menggerakkan lengan dan berjalan (Rudiyanto, 2016:10). Motorik kasar meliputi kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan (Maria, Junaedah, 2019:8).
Perkembangan Motorik Kasar
Perkembangan motorik ialah perkembangan tubuh yang melahirkan suatu gerakan. Gerakan yaitu suatu kegiatan yang dihasikan oleh tubuh dengan koordinasi antara saraf dan otot (khadijah dan Amelia, 2020:13). Perkembangan gerak motorik kasar berkaitan dengan aktifitas-aktifitas gerakan tubuh yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak dan urat saraf tulang belakang. Ketrampilan motorik dapat dikelompokkan menurut ukuran otot-otot dan bagianbagian badan yang terkait ketrampilan motorik kasar. Ketrampilan motorik kasar ini meliputi keterampilan otot-otot besar, lengan, kaki, batang tubuh, seperti berjalan dan melompat, dan untuk keterampilan motorik halus meliputi otot-otot kecil yang ada diseluruh tubuh, seperti menyentuh dan memegang (Hasanah, 2016:721).
Kegiatan perkembangan motorik anak umur 3 sampai 4 tahun
Motorik halus
Belajar mengguting kertas
Membasuh tangan dengan air dan melap tangan menggunakan kain atau tisu
Mengaduk dengan sendok
Menuang air kedalam gelas
Memegang sendok dengan menggenggamnya
Membawa benda dengan menjepitnya
Jika melihat sebuah lukisan atau gambar anak akan menggambar
Berusaha Membuka kancing baju
Menggambar lingkaran
Motorik kasar
Mengambil bola dengan tangan diluruskan
Berdiri menggunakan satu kaki
Belajar Mengendarai sepeda roda tiga
Melompat-lompat di tempat
Membawa benda kecil di atas baki jangan sampai jatuh.
Menggunakan bahu dan siku saat bermain lempar bola
Berjalan dengan kaki satu, tanpa mengganti kaki
Melompat dengan satu kakinya
Berjinjit dengan tumit kaki
Kegiatan untuk perkembangan motorik anak umur 5 sampai 6 tahun
Motorik halus
Mengikat tali sepatu sendiri tanpa bantuan orang dewasa
Mengisikan surat ke dalam amplop
Mengoles selai diatas roti
Menggambar dengan bentuk sendiri
Mencuci muka dan berwudhu dengan perlahan tanpa membasahi baju
Motorik Kasar
Berlari sambil menendang sebuah bola
Melompat dengan kaki yang saling bergantian
menggunakan satu tangan untuk meluncurkan bola ke atas dan tangan lainnya untuk meraihnya
Menyeimbangi cara jalannya
Mendayung atau mendayung sepeda dengan roda dua
Daftar Pustaka:
Gunawan (2008) ‘Konsep Dasar Artikulasi & Optimalisasi Fungsi Pendengaran’, Jurnal Pendidikan Luar Biasa, pp. 17–23. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196211211984031-DUDI_GUNAWAN/BUKU_ARTIKULASI.PDF.
Isep Djuanda , Nur Dwi Agustiani (2022) ‘PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI KREASI PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN’ Volume. 6, No. 1 Mei 2022.
Komentar
Posting Komentar