Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak 2,5 – 3 Tahun

Pengertian Komunikasi

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang juga menggunakan bahasa verbal. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu, expresi wajah marah ataupun bahagia tanpa menggunakan kata-kata.

Pemahaman anak usia 2,5 -3 tahun, sebagai berikut:

1.Paham kata sebanyak 400-800 kata.

2.Paham perintah dengan kandungan kata seperti atas, bawah, dalam,, naik, turun, disini, lompat.

3.Paham perintah dengan 2 kata kerja yang berhubungan seperti lari cepat.

4.Paham gilir bicara.

5.Paham 2 urutan perintah sederhana.

6.Mengenal identitas 7 bagian tubuh

7.Memahami penjelasan: mengapa, bagaimana.

8.Memahami kata sifat yang paling umum dan mempergakannya.

Pengujarannya, sebagai berikut:

1.Mampu mengujarkan kata kerja: makun, minum, tidur, mandi.

2.Mampu menirukan 2 kata kombinasi:cuci muka.

3.Normal nonfluensi.

4.Mampu berkalimat pendek (rata-rata 3 kata).

5.Sebanyak 90% ujarannya dapat dimengerti.

6.Mampu bercerita kembali dengan sederhana, sehingga dapat membentuk gambaran cerita.

7.Mampu melanjutkan percakapan dengan sengaja.

8.Mampu bicara hal-hal yang baru saja dialami.

9.Berbicara sendiri sewaktu bermain sendiri.

10.Mampu melakukan aksi yang ada di buku.

11.Mulai mampu mengajukan pertanyaan.

12.Mampu mengidentifikasi nama obyek dan penggunaannya.

13.Mampu menggunakan kata ganti orang I (kadang-kadang kata ganti orang II).

14.Mampu menggunakan kata depan terutama yang mengacu tempat.

15.Terjadi penambahan penggunaan kata sifat.

16.Mampu mengujarkan untuk kebutuhan toilet.

17.Mampu bertanya kepada orang lain.

18.Mampu menamai (melabel) 3 obyek gambar.

19.Mampu sederet irama lagu.

20.Mampu meniru 3 digit.

CATATAN:

Usia 2-3 tahun adalah adalah periode transisi: apabila obyek-obyek dan gambar-gambar lebih dapat diperhatikan oleh anak maka pemakaian yargon akan berkurang. Pada masa ini anak dapat berkombinasi 3 kata untuk membentuk kalimat. Kalimat yang terdiri dari 3 kata merupakan ciri anak usia 2-3 tahun

DAFTAR PUSTAKA:

Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R.S. (2017) ‘Kemampuan Komunikasi’, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, (April), pp. 5–24.

Drs. Ki Pranindyo HA. SP, T. (2004). Kiat Praktis Terapi Bicara Pda Anak Terlambat Bicara. Bandung: Yayasan Pratiwi Hadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL KLASIFIKASI KELAINAN SUARA

MENGENAL AFASIA DAN PENYEBABNYA