Pengertian
Spesifik Language Impairment
Keterlambatan
perolehan kemampuan bahasa, yang terjadi secara bersamaan dengan fungsi normal
dalam domain intelektual, sosial, emosional dan pendengaran. Terminology awal
yang biasa digunakan adalah "afasia bawaan" atau disphasia
perkembangan.
Keterlambatan
bicara juga dapat merupakan gejala dari defisit spesifik kemampuan berbahasa
yang disebut sebagai Specific Language Impairment (SLI). Keadaan ini seringkali
menetap sampai usia sekolah dan dapat menyebabkan kurangnya kemampuan akademis
dan menimbulkan berbagai masalah psikososial.
Keterlambatan
Bahasa awal biasanya di definisikan sebagai kurangnya penggunaan dari 50 kata
dan/atau tidak mampu menggunakan kombinasi kata pada 2 tahun. Ini biasanya
terjadi sekitar 100 persen dari populasi (Fenson et al. 2003).
Angka
kejadian kasus dengan SLI sebanyak 7%. Banyak penelitian yang menghubungkan SLI
dengan gender. Ada beberapa peneliti melaporkan bahwa kasus SLI banyak terjadi
pada anak laki lakji dengan perempuan dalam rasio 3:1.
Penyebab
Spesifik Language Impairment
• Lingkungan Bahasa Yang Tidak
Mendukung
Menyebabkan
subjek kurang memperoleh stimulus untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya.
Lingkungan bahasa subjek tidak mendukung perkembangan bahasa subjek, padahal stimulus
yang diperoleh dari lingkungan sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan
berbahasa anak.
• Adanya Riwayat Gangguan Bahasa
Keluarga
Menurut penelitian Choudhury &
Benasich (2003) yang menemukan bahwa anak-anak dengan riwayat keluarga mengalami
gangguan berbahasa, beresiko lebih besar terkena gangguan berbahasa
dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki riwayat gangguan.
Demikian
pula hasil penelitian Pruitt, dkk (2010) yang menyatakan bahwa anak-anak yang
memiliki riwayat gangguan berbahasa pada keluarga mereka dua kali lebih mungkin
mengalami SLI dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki riwayat
gangguan berbahasa di keluarga mereka. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gangguan
bahasa dapat disebabkan karena kurangnya stimulasi dari lingkungan bahasa dan
adanya riwayat gangguan berbahasa keluarga.
Daftar
Pustaka
Heriwanty, Anang Santoso,
Mudjianto, Syamsudin. Stimulasi Multisensorik untuk Mengatasi Gangguan
Berbahasa pada Anak Specific Language Impairment. Jurnal Pendidikan Humaniora
Vol. 3 No. 3, Hal 178-189, September 2015.
http://journal.um.ac.id/index.php/jph pISSN: 2338-8110/eISSN: 2442-3890
Hikmatun Saidah A.Md.TW.,M.P.D
(2021). BUKU AJAR AFASIA PERKEMBANGAN .JAKARTA: AKADEMI TERAPI WICARA, JAKARTA
Komentar
Posting Komentar